Evolusi Alat Hitung

 

Berikut ini adalah evolusi alat hitung, yang di bagi dalam 3 bagian, yaitu:

1. Alat Manual (Abacus)

Muncul sekitar 5000 tahun lalu di asia kecil dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini. Dapat dianngap sebagai awal

mula mesin komputasi. Untuk melakukan perhitungan menggunakan biji-bijian geser yang di atur pada sebuah rak. Para pedagang masa itu menggunakan abacus untuk menghitung transaksi perdagangan.

2. Alat makanik(pascaline)

Blaise pascal (1623-1662) yang pada waktu itu berumur 18 tahun , menemukan apa yang aai sebut kalkulator roda humerik(numerical wheel calculator) untuk membantu ayahnya melakukan oerhitungan pajak. Alat ini menggunakan 8 roda putar bbergigi untuk menjumlahkan bilanhan hingga 8 digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbaris 10. kelemahan alat ini adalah hanya terbatas untuk melakukan penjumlahan . tahun 1694 alat ini disempurnakan oleh goffred wilhem von leibniz sehingga bisa mengalikan dan akhirnya tahun 1820 di sempurnakan lagi oleh carles xavierthomas de colma hingga mampu 4 fungsi +, -, x, :

3. Alat mekanik elektronik(analytical engine)

1815-1842menggunakan tenaga uap, mesin ini dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi otomatis. Mesin ini adalah inspirasi oleh seorang professor matematika inggris, charles babbage.

Sumber:  Erlangga kelas 7

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: